PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU ETIS SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA AUDITOR PEMERINTAH

  • Sigit Agus Dwi Prasetyo
Kata Kunci: kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, perilaku etis, kinerja auditor

Abstrak

Perilaku etis telah diteliti berkali-kali, namun penelitian di Indonesia yang menghubungkan anteseden perilaku etis dengan kinerja auditor masih terbatas dan menunjukkan hasil yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap perilaku etis, serta pengaruhnya terhadap kinerja auditor internal pada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui metode sensus sampling. Data dianalisis dengan metode persamaan struktural menggunakan Visual Partial Least Square (VPLS).
Studi ini memberikan bukti empiris bahwa kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional mempengaruhi perilaku etis secara positif. Demikian juga perilaku etis berpengaruh positif terhadap kinerja auditor. Namun penelitian ini tidak dapat menunjukkan pengaruh kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja auditor.

 

Diterbitkan
2021-02-19