FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGHENTIAN PREMATUR PROSEDUR AUDIT

  • Samto Samto STIE Cendekia Karya Utama Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Variable Time Pressure, Audit Risk, Materiality, Review and Quality Control Procedures, Locus Of Controle, Komitmen Profesional Terhadap Prosedur Audit Penghentian Dini.

Sampel penelitian adalah auditor yang bekerja pada delapan Kantor Akuntan Publik (KAP) di Semarang yang berjumlah 62 auditor sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yang diolah dengan SPSS versi 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Time Pressure tinggi dan variabel Risiko Audit berpengaruh positif signifikan terhadap Premature Sign Off. Variabel Locus of Control, Komitmen Profesional, Materialitas, dan Peer Review berpengaruh negatif terhadap Premature Sign Off.

Published
2021-02-19
Section
Articles