ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG (STUDI KASUS PADA PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE, TBK CABANG PARAGON MALL SEMARANG)

  • Yani Susetyo
  • Putri Suciawati
Kata Kunci: pengendalian internal, persediaan, COSO

Abstrak

Pengendalian Internal merupakan suatu kombinasi yang teratur dari berbagai macam unsur metode, kebijakan dan prosedur dengan tujuan untuk melindung harta milik perusahaan, mendorong efisiensi, memberikan keyakinan terhadap laporan keuangan dan dipatuhinya kebijakan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pengendalian internal atas persediaan barang dagang di PT. Matahari Department Store, Tbk cabang Paragon Mall sudah sesuai dengan standar COSO Framework (The Committee of Sponsoring Organizations of Treadway Commission).

Jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara kepada informan, data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi serta checklist.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pengendalian internal atas persediaan barang dagang pada PT. Matahari Department Store,Tbk cabang Paragon Mall sudah sesuai dengan lima komponen pengendalian internal menurut COSO framework. Penerapan pengendalian internal atas persediaan barang dagang sebesar 86,88% telah sesuai dengan COSO framework. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengendalian internal atas persediaan barang dagang di PT. Matahari Department Store, Tbk cabang Paragon Mall masuk kategori sangat efektif. Tingginya angka shringkage diakibatkan oleh damage, kehilangan dan pencurian, kesalahan administrasi, dan pada saat perhitungan fisik persediaan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata angka pertumbuhan shringkage sebesar 0,89% yang masuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian pengendalian internal sangat berperan atas persediaan barang dagang.

Diterbitkan
2021-02-19